Friday, December 22, 2006

Ancang-Ancang Pilkada Kota Arang

Ancang-Ancang Pilkada Kota Arang
UNTUK pelaksanaan pemilihan kepala daerah, Kota Sawahlunto harus belajar dari pengalaman pelaksanaan Pilkada di daerah yang telah dilaksanakan sebelumnya. Belajar dan menjadikan guru pengalaman pilkada sukses dan tidak sukses merupakan langkah terbaik dalam mencapai pemilihan kepala daerah secara demokratis, aman, dan lancar.
"Menjadikan pelajaran dari pengalaman pelaksanaan pilkada dari kabupaten/kota lain, jelas akan memperingan pilkada yang akan dilaksanakan. Tidak ada salahnya menjadikan pelajaran pengalaman daerah untuk mendapatkan hasil yang terbaik," terang anggota KPUD Sumbar, Husni Kamil Manik,SP, mewakili KPU Provinsi Sumbar dalam Workshop Supervisi Persiapan dan Perencanaan Pilkada Berkualitas Kota Sawahlunto, di gedung dewan Kota Arang, Kamis (21/12).
Kabupaten Mentawai, kata Husni, dinilai sudah sangat berhasil dalam pelaksanaan pilkada. Namun, ketika timbulnya masalah dan kesulitan dalam tahapan atau fase pelaksanaan pilkada, mereka tidak tahu ke mana akan berkonsultasi. Sebab, seluruh masalah yang terjadi dalam harus diselesaikan KPUD yang bersangkutan. Sedangkan KPUD Provinsi sendiri bersifat memberikan pengarahan.
Sawahlunto termasuk daerah yang baik dalam menanggapi persiapan pelaksanaan Pilkada. Meski Pilkada baru akan dilaksanakan pada awal 2008 mendatang, tetapi sudah mulai ancang-ancang persiapan pelaksanaan Pilkada. Bisa dikatakan satu tahun persiapan Pilkada merupakan waktu yang cukup untuk mendapatkan hasil yang maksimal.
"Suatu langkah yang bagus, untuk mempersiapkan tahapan dan fase pelaksanaan. Persiapan lebih awal akan lebih matang, tentu dengan harapan hasil pilkada yang terbaik. Sebab, pilkada akan menetapkan bagaimana calon peserta, penelusuran, hingga ke pengesahan calon dan sosialisasi kepada masyarakat," kata Sekdako Sawahlunto, Zohirin Sayuti,SE ketika membuka workshop secara resmi.
Ketua KPUD Sawahlunto, Syahril Stand,SH mengatakan pelaksanaan workshop ditujukan untuk menyatukan kesamaan pandangan seluruh komponen yang akan terlibat dalam pelaksaan pilkada Sawahlunto tahun 2008.
"Tujuan kita untuk sosialisasi dan mencari solusi dari permasalah-permasalahan yang bakal terjadi dalam pelaksanaan dalam setiap tahapan atau fase pilkada," kata Syahril.
Sementara itu, Sekretaris Komisi A Bidang Pemerintah dan Hukum DPRD Kota Arang, Hasjonni Sy, SE, mengatakan masih cukup banyak waktu bagi KPUD dalam mempersiapkan pilkada Sawahlunto 2008. Namun, hal yang harus dilaksanakan KPUD adalah manajemen dalam penetapan tahapan dan fase serta pelaksanaan tahapan dalam pilkada.
"Jika manajemen dalam penetapan tahapan dan fase tidak dilakukan dengan baik. Justru hal itu yang akan mengancam ketercapaian pilkada yang demokratis, aman dan lancar. Hal ini perlu menjadi catatan khusus bagi KPUD," tambah Hasjonni

No comments: