Friday, December 22, 2006

Penghargaan Diujung Tahun Buat Kota Arang

Penghargaan Diujung Tahun Buat Kota Arang
Walikota Sawahlunto Ir.H. Amran Nur menerima penghargaan di Istana Negara Jakarta. Tidak tanggung-tanggung, orang nomor satu di Kota Arang ini akan memboyong dua penghargaan sekaligus yakni, penghargaan Citra Bhakti Abdi Negara dan Citra Pelayanan Prima.
Citra Bhakti Abdi Negara diberikan presiden atas peningkatan kualitas pelayanan publik atau peningkatan pelayanan yang diberikan pemerintah kepada masyarakat. Sedangkan Citra Pelayanan Prima diberikan kepada Puskesmas Silungkang Kota Sawahlunto, sebagai unit kerja yang dinilai memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Sebelumnya, pada tahun 2004, penghargaan Citra Pelayanan Prima juga diterima Puskesmas Talawi.
"Saya mengucapkan ribuan terima kasih kepada masyarakat Sawahlunto, yang telah memberikan dukungan penuh terhadap program-program yang diselenggarakan pemerintah. Pemerintah tidak ada apa-apanya tanpa adanya dukungan dan peran serta dari masyarakat," ujar Walikota Sawahlunto, Amran Nur, sebelum berangkat ke Jakarta untuk menerima penghargaan.
Penghargaan yang diperoleh, lanjut Putra Talawi itu, merupakan untuk dan hak masyarakat Sawahlunto. Karena peran masyarakatlah penghargaan dapat diterima. Jadi penghargaan yang didapatkan merupakan penghargaan untuk masyarakat Kota Sawahlunto.
Meski telah mendapatkan berbagai penghargaan, Amran Nur mengharapkan masyarakat tidak puas begitu saja dan terlena atas keberhasilan yang telah diraih. Masyarakat tentunya, perlu terus memberikan dorongan dan meningkatkan peran serta dalam pembangunan yang akan dilaksanakan. Sebab, seluruh program yang dilaksanakan akan bermuara kepada peningkatan kesejahteraan masyarakat sendiri.
Artinya di penghujung tutup tahun 2006, Kota Sawahlunto telah menerima empat penghargaan. Seminggu sebelumnya, tepatnya 15 Desember 2006 lalu, Sawahluto juga diberikan dua penghargaan yakni Ksatria Bakti Husada Kartika yang diterima Walikota Amran Nur, dan penghargaan Manggala Karya Bakti Husada Arutara, yang diberikan kepada Ketua Tim Penggerak PKK Kota Sawahlunto, Ibu Hj.Emnidar Amran, BSc, atas komitmen dan dukungan yang diberikan PKK terhadap peningkatan pembangunan sektor kesehatan.
Sedangkan Ksatria Bakti Husada Kartika yang diterima Walikota Amran Nur, diberikan atas komitmen pemerintah daerah dalam pengembangan peningkatan pembangunan sarana prasarana kesehatan. Komitmen pemerintah Kota Kuali ini memang terlihat jelas, mulai dari peningkatan sarana prasarana RSUD hingga sarana dan prasarana pada pukesmas dan puskesmas pembantu.
RSUD Sawahlunto boleh dikatakan sudah mendapatkan nama baik di tengah masyarakat. Tidak hanya masyarakat Sawahlunto semata, namun daya tariknya membawa masyarakat dari daerah tetangga untuk berobat ke Sawahlunto. Memang, perubahan drastis terlihat jelas dalam tiga tahun terakhir, mulai dari sarana dan prasana serta SDM RSUD Sawahlunto semakin ditingkatkan.
Sementara itu, Kabag Humas Kota Sawahlunto, Syafruddin Syarif,S.Ag mengharapkan berbagai prestasi dan penghargaan yang diperoleh Sawahlunto dapat dijadikan support untuk mencapai Visi Sawahlunto menjadi Kota WisataTambang Berbudaya Tahun 2020.
Pencapaian visi pun bolh dikatakan mulai tercapai. Dimana prasarana wisata mulai lengkap, adanya taman safari mini dengan kebun binatangnya, water boom pertama di Sumatera, Danau Wisata Kandih, serta lapangan pacuan kuda, ditambah dengan museum, gudang ransum.
"Dukungan dan peran serta masyarakat merupakan bagian terbesar dalam keberhasilan Sawahlunto dalam mewujudkan berbagai program pembangunan. Terutama dalam membangun citra kota wisata tambang yang berbudaya," ujar Syafruddin.***

No comments: