Monday, December 11, 2006

Walikota Bilang

Walikota Sawahlunto
Ir. Amran Nur
Sebagai bagian dari warga kota, saya sangat terkesan dengan berbagai kisah masa lalu dari kejayaan kota ini, kala itu, bukan hanya dikenal khususnya oleh masyarakat Sumatera Barat, maupun secara nasional pada umumnya, tapi kota dengan penduduk campuran ini juga menjadi buah bibir di benua Eropa sana.
Ini semua tentu erat hubungannya dengan potensi batubara yang dimiliki daerah ini, dengan jumlah deposit cukup besar dan kualitasnya sangat bagus, maka batubara Tambang Ombilin menjadi incaran di pasar Asia dan Eropa, tak salah bila nama Sawahlunto menjadi sangat populis di mata masyarakat internasional.
Bagi saya pribadi, momen penting memperingati hari jadi kota ke 118 ini sangatlah erat hubungannya dengan pendapat orang lain. Seperti berbagai pengamat dan pakar yang berpendapat posistif dan obyektif tentang keberadaan dan pengalaman historis kota yang mulai dibangun secara spesifik ini sejak zaman pemerintahan kolonial Belanda dulu.
Pengalaman itu terus di ukir, meski kondisinya tidak sama antara masa lalu dan sekarang, tapi, apa yang kita peroleh dari masa lalu kini menjadi bermanfaat bagi pertumbuhan kota, sekaligus pertumbuhan ekonomi masyarakat secara keseluruhan.
Ini semua, tentu akibat dampak yang ditimbulkan dari aktifitas penambangan batubara yang ada, namun kondisi seperti itu tentu tidak selamanya demikian, karena semakin berkurangnya deposit batubara di daerah permukaan, maka, kini saatnya masyarakat yang menggantungkan hidup dari batubara harus dibina dan dialihkan ke sektor pertanian, peternakan, dan bidang produktif lainnya.
“Alhamdulillah, sejalan dengan pengembangan infrastruktur perkotaan dengan sembilan konsep strategi pembangunan yang dilakukan, semua itu dapat dicapai bersama stake holders kota. Inilah yang membuat terjadinya perubahan wajah bagi Kota Sawahlunto untuk kembali menjemput kejayaan masa lalunya” ungkap Amran Nur
“Melalui hari jadi ke 118 ini, saya selaku Kepala Pemerintahan menghimbau seluruh masyarakat untuk bersama-sama membangun kota ini agar lebih baik, maju, aman, dan damai, kedepannya. Kita tidak bernah berhenti sampai disini” tegasnya mengakhiri.


by :
Fadilla Jusman
plus_indo@yahoo.com
0812 67 43613

No comments: